Kambing Guling Jakarta Barat

By:
Categories: Kambing Guling
No Comments

Kambing Guling Jakarta Barat – Olahan kambing guling merupakan salah satu olah favorit untuk masyarakat Jakarta. Jika biasanya olahan ini hanya ditemukan pada momen idhul adha di beberapa daerah, maka berbeda dengan yang terjadi di Jakarta.

Jika Anda adalah warga Jakarta tentu akan tahu dan melihat sendiri bagaimana kepopuleran olahan satu ini di berbagai acara yang ada. Di acara hajatan nikah, misalnya. Pasti akan ada banyak tamu undangan yang rela mengantre panjang untuk dapat mencicipi menu tersebut.

Mungkin beberapa orang akan heran dengan hal ini, akan tetapi ini adalah sebuah kewajaran yang sudah sangat biasa terjadi. Apalagi jika Anda adalah seorang pecinta menu kambing guling, tentu tak perlu alasan macam – macam untuk menjelaskan kenapa Anda ikut serta dalam barisan antrean.

Jadi hal yang wajar jika banyak orang yang ingin pesan kambing guling Jakarta Barat untuk berbagai acara mereka. Bahkan mungkin ada orang yang penasaran dengan proses pengolahan serta porsi menu olahan ini. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan ulasan singkat seputar kambing guling Jakarta Barat:

Baca juga artikel kami tentang : Harga Kambing Hari Ini Maret 2019

1 Kambing Guling Berapa Porsi?

Pertanyaan umum yang terlintas di benak calon konsumen atau bahkan masyarakat pada umumnya ialah porsi 1 kambing guling. Perlu Anda ketahui bahwa umumnya, kambing atau domba yang digunakna untuk membuat menu olahan ini adalah kambing yang masih kecil.

Alasan digunakannya kambing atau domba yang masih belum dewasa, salah satunya adalah karena ukuran kambing tersebut masih belum terlalu besar. Sedangkan untuk usia kambing yang digunakan sendiri tidak ada ketentuan atau rekomendasi tertentu. Hanya saja rata – rata menggunakan kambing dengan ukuran sedang.

Restoran Kambing Guling Jakarta

Kambing Guling Jakarta Barat

Untuk dapat menghitung porsi satu kambing guling, maka Anda dapat memulainya dengan standar rata – rata pengolahan daging kambing. Pada umumnya, kambing yang memiliki berat sekitar 20an kilogram akan menghasilkan karkas kambing sebanyak 10 – 11 kg. Dari karkas ini, nantinya akan diperoleh daging sebanyak 8 kg. Daging ini ketika diolah akan menghasilkan kurang lebih 5 kg kambing guling matang.

Adapun porsi yang dapat Anda peroleh jika memesan olahan kambing guling di tempat kami adalah sebagai berikut:

Daging

Orang

Gramisasi/

orang

8 kg 80 100 g
8 kg 70 114 g
8 kg 60 134 g
8 kg 50 160 g
8 kg 40 200 g
8 kg 30 267 g

Baca juga artikel kami tentang : Catering Kambing Guling Jakarta

Tips Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing

Di dalam pengolahannya, kami menggunakan kambing guling dengan kulitas yang terjamin. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat memesan menu kambing guling Jakarta Barat yang kami sediakan. Pun dalam pengolahnnya kami selalu berupaya untuk memberikan hasil olahan terbaik.

Mungkin beberapa orang kurang menyukai daging kambing karena bau daging kambing tersebut, oleh karena itu kami menggunakan beberapa metode untuk menghilangkan bau khas daging kambing. Berikut ini adalah beberapa langkah yang kami lakukan untuk menghilangkan bau khas kambing tersebut:

Mengeluarkan Darah Pada Daging

Untuk dapat memperoleh daging kambing yang tidak bau anyir, alot serta prengus biasanya kami akan memulai dengan mengeluarkan darah yang berada pada daging kambing. Untuk dapat mengeluarkan darah dari daging kambing, maka perlu dipastikan bahwa kambing tersebut sudah mati seutuhnya.

Pada saat mengolah daging kambing ini, kambing perlu digantung secara terbalik, dengan kepala di bawah. Tujuan diletakannya kambing pada posisi tersebut adalah untuk membuat darah pada daging kambing ini dapat keluar dengan baik dari dalam tubuh kambing tersebut.

Perlu diketahui salah satu hal yang menyebabkan daging kambing berbau prengus adalah karena adanya daging yang menggumpal pada daging kambing.

Menyingkirkan Kandungan Lemak

Setelah menghilangkan darah dari daging kambing, cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau khas daging kambing adalah dengan menyingkirkan kandungan lemak yang ada pada daging kambing. Biasanya, dengan banyaknya jumlah kandungan lemak di dalam daging kambing ini akan membuat bau khas kambing makin menyengat.

Untuk dapat menghilangkan lemak dari dagingkambing, ada dua carayang dapat dilakukan yaitu:

  • Pertama, langsung memisahkan antara lapisan lemak pada dading dengan cara memotong beberapa komponen daging kambing tersebut.
  • Kedua, memasukkan daging ke dalam lemari es. Dengan menaruh daging di dalam lemari es, maka nantinya komponen lemak dengan daging akan lebih mudah untuk dipisahkan.

Cara ini juga akan membuat rasa alot di dalam daging kambing tersebut akan lebih berkurang daripada sebelumnya.

Jangan Mencuci Daging

Beberapa kekeliruan yang dilakukan pada saat akan mengolah daging kambing adalah, mencuci daging tersebut. Memperlakukan daging kambing ini berbedadengan perlakukan yang biasanya diberikan kepada olahan daging yang lain. Pada umumnya, daging selain kambing akan lebih bersih jika dicuci sedangkan pda kasus olahan daging kambing ini biasanya malah akan semakin berbau prengus.

Metode pengolahan terbaik yangkami gunakan yaitu dengan langsung merebus daging kambing tersebut di dalam air yang mendidih. Dengan menghidari proses pencucian daging kambing ini maka daging kambing guling kami ini tidak berbau prengus atau anyir.

Setelah proses perebusan ini, air hasil rebusan yang berupa busa dan kotoran ini kemudian di buang. Untuk kemudian diolah seperti biasanya. Akan tetapi kami juga tidak mencuci daging kambing setelah direbus tersebut, sebab jika dicuci makabau prengus daging kambing ini akan tetap ada.

Menaburi Daging Kambing dengan Garam

Anda terlanjur mencuci dading kambing tersebut, maka Anda dapat menggunakan cara selanjutnya yaitu menggarami daging kambing. Dengan menaburi daging kambing dengan garam maka daging tersebut akan lebih tidak berbau prengus.

pada umumnya, bau prengus yang muncul dari daging kambing kemungkinandisebabkan oleh masih adanyasisa darah di dalam daging kambing tersebut. Sehingga untuk menghilangkan sisa darah tersebut Anda perlu menaburinya dengan garam.

Cara yang dapat digunakan adalah dengan melumuri garam di atas permukaan daging secara. Tidak ada ketentuan khusus untuk menggunakan jenis garam apa, Anda dapat mengggunakan jenis garam kasar ataupun halus.

Setelah dilumuri Anda dapat mendiamkan daging tersebut selama kurang lebih 60 menit di dalam wadah yang cukup untuk menampungnya. Jika Anda menggunakan cara ini, maka Anda dapat mencuci daging kambing tersebut setelah proses pendiaman bau kemudian diolah sesuai keinginan.

Memberi Nanas di Atas Permukaan Daging

Jika Anda ingin menggunakancara yang lainnya lagi, maka Anda dapat menggunakan cara ini yaitu dengan cara memarut nanas untuk dilumuri di atas daging kambing hingga daging berubah tekstur menjadi lunak.

Nanas yang digunakan untuk dilumuri di atas daging adalah nanas yang masih muda. Nanas ini diparut untuk kemudian digunakan melumuri daging kambing. Sebelum dilumuri dengan nanas, Anda perlu memotong – motong daging kambing tersebut.

Proses pelumuran nanas pada daging kambing dilakukan secara merata dan kemudian didiamkan sekitar 20 menit agar bau prengus kambing tersebut dapat hilang. Namun, tidak direkomendasikan untuk mendiamkan nanas tersebut terlalu lama, karena akan membuat daging nanas bebar – benar lunak. Sehingga Anda perlu megecek tekstur daging kambing tersebut sebelum mendiamkannya.

Rebus Menggunakan Rempah – Rempah

Jika Anda lebih suka untuk mencuci daging kambing terlebih dahulu. Maka untuk dapat menghilangkan bawa prengus pada daging kambing Anda, Anda dapat merebusnya dengan rempah – rempah. Setelah Anda mencuci daging kambing tersebut, Anda kemudian dapat merebusnya langsung bersama rempah – rempah seperti daun jeruk, batang serai, daun kemangi, jahe, cengkeh, kapulaga ataupun ragam rempah lainnya

Rempah – rempah yang dipilih ini adalah rempah – rempah yang memiliki bau khas yang dapat mengurangi bau yang dikeluarkan oleh daging kambing.

Tambahkan Parutan Pir

Buah yang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau prengus adalah buah pir. Anda dapat memanfaatkan buah pir yang Anda miliki dengan cara memarutnya untuk kemudian dilumurkan di atas daging kambing Anda. Sama halnya dengan buah nanas, buah pir juga dapat menghilangkan bau sekaligus melunakkan daging kambing.

Sehingga, Anda perlu memastikan atau mengecek kondisi daging kambing Anda pada saat dilumuri dengan buah pir ini.

Baca juga artikel kami tentang : Jual Kambing Guling Jakarta Enak dan Murah

Pesan Kambing Guling di Jakarta

Bagi Anda yang sedang mencari tempat jual kambing guling recommended dan lezat pastinya, maka Anda dapat langsung memesan daging guling olahan kami. Kami merupakan pengolah kambing guling terenak di Jakarta. Kambing guling yang kami sediakan untuk Anda merupakan olahan kambing guling paling enak di Jakarta.

Untuk informasi dan pemesanan kambing guling Jakarta Barat Anda dapat langsung menghubungi customer service kami di nomor:

Customer Service: 0813-8008-7643

Artikel Lainnya : Catering Kambing Guling Jakarta

 

 

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Kambing Guling Jakarta Barat
Author Rating
51star1star1star1star1star

Your Thoughts